Dunia itu dua suara, tersurat dengan banyak pena kekuasaan

Selasa, 13 Juli 2010

Kesempatan dan Kemampuan


Sebagian orang bijak berkata bahwa hanya kesempatan yang membedakan kita semua. Benarkah? Lalu apa peran kemampuan dalam segala perjuangan yang kita pertaruhkan?

Segelintir orang bijak pula berkata bahwa kesempatan itu harus diciptakan. Percayakah anda?

Menurut saya, kesempatan memang harus diciptakan, tapi porsi setiap orang terkadang memang berbeda dari yang kuasa. Faktor lainnya ialah pilihan sang pribadi itu sendiri untuk memilih apa yang menjadi kesempatannya, dan kesempatan mana yang harus dia pilih.

Sebelumnya, satu hal yang wajib dipercaya adalah kesempatan terkadang tidak datang untuk dua kali, dan tidak ada aliran waktu yang dapat dihentikan maupun diulang.

Jalan terbijak dan terbaik adalah melakukan sinkronisasi antara kemampuan dan kesempatan, sekecil apapun kesempatan itu. Abaikan ego dan gengsi yang adal asalkan dapat membangun kepercayaan dalam diri anda.

Mario Teguh berkata bahwa mengecilnya kesempatan adalah karena anda tidak melakukan apa yang anda mau lakukan. Pertanyaannya, mengapa anda tidak melakukan apa yang anda ingin lakukan? Atau, mengapa saya telah melakukan tapi tidak mendapat kesempatan? Jawabannya antara peluang dan kemampuan.

Ketika anda percaya bahwa hidup layaknya otak yang dipenuhi milyaran neuron berliku, maka anda percaya bahwa kesempatan itu selalu ada, dan segeralah lakukan sinkronisasi untuk tujuan yang diinginkan.

Namun, percaya atau tidak, sinkronisasi tersebut pun memberikan anda sederet jalan berliku. Ketika anda dihadapkan kepada pilihan untuk melakukan penyatuan kemampuan dengan kesempatan yang lebih baik, maka berhati-hatilah, kegiatan itu dapat membuat mind-map anda meledak dan membuyarkan segala pilihan yang ada.

Sekali lagi, percayalah bahwa menentukan jalan hidup sesuai kemampuan dengan kesempatan yang ada adalah jalan yang terbaik, karena sebagian orang mendapat kesempatan yang kurang dengan kemampuannya, dan sebagian lainnya memiliki kemampuan yang diluar jangkauan kesempatan yang dia miliki.

Optimis, dan tetaplah hidup dengan segala asa yang siap anda tukarkan menjadi mimpi nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar